Select Your Language

Translate Your Language Here
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Friday, December 6, 2013

SULUH

SULUH
buku kumpulan puisi berbahasa lampung
Penulis: Fitri Yani
©2013 Penerbit LampungLiterature
ISBN: 978-602-14191-1-3
Cetakan pertama: November 2013
100 hlm, 14X21 cm
Desain sampul: Devin Nodestyo 

Kumpulan puisi ini telah memakan waktu yang lumayan lama dalam penulisannya, selama itu pula, saya menemukan beberapa hal berharga dalam mempelajari bahasa pertama yang saya terima dari tradisi lisan keluarga saya.

Bahasa ini mengenalkan saya kepada beberapa kebiasaan serta tradisi masyarakat Lampung yang unik dan kompleks—khususnya masyarakat Lampung Barat, semua itu coba saya akrabi hingga ke lapis yang lebih dalam. Saya mendengar suara-suara bijak dan pesan yang tersembunyi dari para orang tua, kenyataan-kenyataan hidup muda-mudi yang begitu luas, juga upacara-upacara dan permainan-permainan masa kecil yang membuat saya tertawa dan terkadang merenung—betapa setiap orang selalu memiliki sebuah ruang sunyi untuk menyimpan kenangan.

Di sini, saya menuliskan beberapa keadaan, pelajaran, pengalaman, cerita, serta impresi yang menurut saya menarik untuk dituliskan. Meski dalam proses menulis puisi-puisi ini saya terkadang kesulitan mencari padanan kata dan bentuk bakunya, sebab kamus-kamus bahasa Lampung yang saya miliki ternyata tak banyak memuat diksi-diksi yang saya gunakan, semoga kelak kamus-kamus itu akan menjadi lebih lengkap. Dan sesungguhnya kumpulan puisi ini masih jauh dari sempurna, untuk itu saya sangat terbuka dengan koreksi dan masukan dari teman-teman.

Buku ini tidak akan terbit tanpa adanya dukungan dan kasih dari banyak pihak. Maka saya selalu ingin menyampaikan rasa terimakasih kepada orang-orang ini, yang selalu menjadi bagian dalam perjalanan saya: Ari Pahala Hutabarat—guru  sastra saya yang sejak tahun 2009 lalu memprovokasi saya untuk menulis puisi dalam bahasa Lampung, Agit Yogi Subandi, dan sahabat-sahabat di Komunitas Berkat Yakin; Alexander GB, Yulizar Fadli, Devin Nodestyo, Kiki Rahmatika, Arman AZ, Dina Amalia. Juga untuk keluarga yang saya kasihi—dari merekalah bahasa dan puisi-puisi ini lahir, dan inilah yang dapat saya persembahkan.

Pada akhirnya saya tahu bahwa saya telah memulai. Semoga buku ini menjadi buku yang layak dibaca pada masa yang semakin banal ini, di mana isu akan punahnya Bahasa Lampung masih begitu hangat dibincangkan.

Tabik!


No comments:

Post a Comment

quotes

what is more beautiful than night/ and someone in your arms/ that's what we love about art/ it seems to prefer us and stays—Frank O'Hara