Select Your Language

Translate Your Language Here
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday, March 31, 2015

Pertanyaan-pertanyaan dari Kelas Menulis Kreatif Komunitas Berkat Yakin


Ini adalah beberapa pertanyaan yang diajukan oleh guru sastra kami di Komunitas Berkat Yakin, suatu malam, ketika kami tiba-tiba disergap oleh pertanyaan-pertanyaan yang membuat kami tergagap--betapa hal-hal remeh-temeh yang kami hadapi sehari-hari terkadang luput begitu saja dari pandangan. 
Butuh waktu yang sangat lama untuk merenungi pertanyaan-pertanyaan tersebut, dan inilah yang bisa saya simpulkan sementara. 
Apa itu pikiran            : Pikiran adalah program/ software di dalam otak (neo cortec)manusia.
Apa itu berpikir           : Berpikir adalah kegiatan mengolah pengetahuan dari pikiran yg sadar/ proses yang terjadi pada system operasi pikiran ---gabungan dari beberapa kecerdasan+informasi+data+pengalaman+masalah (inderawi)

Apa itu pemikiran      : Pemikiran adalah hasil dari kegiatan berpikir. Wujud dari pemikiran adalah bahasa oleh sebab itu manusia yang bisa mengungkapkan pemikirannya lewat bahasa disebut manusia yang berpikir. Keterampilan berbahasa mengaktualisasikan hasil pemikiran kita.


Pohon itu tumbuh didorong oleh akar atau ditarik oleh langit? 
Jawabannya adalah ditarik oleh langit, karena pohon digerakkan oleh tujuannya untuk tumbuh. Tujuan pohon memang menuju ke atas.

Akar: masa lalu-freud, jung, marxis,
Langit: tujuan/harapan-teologis-hegel, heideger.

No comments:

Post a Comment

quotes

what is more beautiful than night/ and someone in your arms/ that's what we love about art/ it seems to prefer us and stays—Frank O'Hara