Select Your Language

Translate Your Language Here
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Wednesday, February 5, 2014

PENGUMUMAN HADIAH SASTRA "RANCAGE" 2014

Hadiah Sastera “Rancagé” 2014 untuk sastera Lampung

Tahun 2013 dalam bahasa Lampung terbit dua buku, satu kumpulan  sajak sedang  yang satu lagi kumpulan cerita. Kumpulan sajak berjudul Suluh karya Fitri Yani, sedang kumpulan cerita berjudul Tumi Mit Kota  karya  Udo Z.Karzi dan Elly Dharmawanti .
                   
Warna lokal Lampung yang begitu mencolok dalam Suluh membuatnya lebih lengkap sebagai  karya sastera Lampung. Bukan saja karena disajikan dalam bahasa Lampung melainkan juga membicarakan perkara kelampungan. Tidak ada satu pun sajak yang dimuat dalam Suluh yang tidak mengandung warna lokal  Lampung, utamanya Lampung Barat. Dan warna lokal Lampung itu tidak hanya sekedar témpélan, melainkan sebagai unsur utama.  Judul-judulnya pun banyak yang membuktikan hal itu.
                  
Sebaliknya kehadiran warna lokal Lampung  itu kurang nampak dalam cerita-cerita yang dimuat dalam Tumi mit Kota. Téma ceritanya banyak yang mengarah pada persoalan yang biasa kita jumpai dalam cerita péndék atau roman sastera Indonésia. Di samping itu cerita-cerita dalam Tumi Mit Kota tidak berhasil menggarap kisahannya agar memikat secara naratif. Belum sampai pada upaya bercerita yang bertolak  dari penggarapan konflik dengan memuaskan.
                  
Namun Suluh juga bukannya tanpa kelemahan. Akan tetapi karena jenisnya puisi, penyair agak leluasa memanfaatkan berbagai cara membangun satuan-satuan makna, utamanya bait. Suluh tersaji dalam banyak pola bait: satu larik sebait, dua, tiga, empat larik sebait, atau lebih.  Lain dari itu Suluh memberikan sejumlah métafora yang unik, barangkali  diambil dari khazanah puisi tradisional Lampung.

Karena itu maka diputuskan bahwa Hadiah Sastera “Rancagé” 2014 buat karya dalam sastera Lampung  diberikan kepada: Suluh (Kumpulan sajak oléh  Fitri Yani) Terbitan Lampung  Literature, Lampung. Kepada pengarangnya, Fitri Yani, akan disampaikan Hadiah      Sastera “Rancagé”  berupa piagam dan uang (Rp. 5 juta). Seperti yang sudah-sudah, untuk sastera Lampung tidak diberikan hadiah untuk jasa.

Upacara penyerahan Hadiah Sastera “Rancagé” 2014 dan Hadiah Samsudi 2014 aan dilaksanakan atas kerjasama dengan unversitas yang sekarang masih belum ditetapkan. Begitu juga waktunya. Kalau sudah  ada kepastian, insya Allah akan segera diumumkan.

Pabélan, 31 Januari 2014
Yayasan Kebudayaan “Rancagé”

Ajip Rosidi
Ketua Déwan Pembina



No comments:

Post a Comment

quotes

what is more beautiful than night/ and someone in your arms/ that's what we love about art/ it seems to prefer us and stays—Frank O'Hara